Label

Senin, 03 November 2014

Sya’ir Taqiyah az Zamakhsyari




Apabila mereka menanyakan mazhabku
–maka aku tidak akan mengungkapkannya.

Aku menyembunyikannya –karena
penyembunyian itu lebih selamat bagiku.

Jika kukatakan Hanafi, mereka akan mengatakan
bahwa aku membolehkan minum thola (bir).

Jika kukatakan Maliki, mereka akan mengatakan
bahwa aku membolehkan makan anjing.

Jika kukatakan Syafi’i, mereka akan mengatakan
aku membolehkan pernikahan mahram.

Jika kukatakan Hanbali, mereka akan mengatakan
bahwa aku percaya inkarnasi dan mujassimah.

Jika kukatakan ahli hadits, mereka akan mengatakan
aku dungu dan tak paham apa-apa.

Aku heran dengan jaman ini dan ahlinya –tak ada
satu pun dari lidah masyarakat yang selamat.

Sumber: Mahmud Ibn Umar az Zamakhsyari –al Kasyaf an Haqaiq an Ghawamidh al Tanzil wa ‘Uyun al Aqawil fi Wujuh at Ta’wil, Darul Kitab al Arabi Jilid I Juz I Halaman 9-10 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar