Label

Kamis, 01 November 2012

Rima Kata Kaum Sufi


Hakikat Ilmu


Hakikat ilmu yang sejati
Terletak pada cipta pribadi
Maksud dan tujuannya
Disatukan adanya
Lahirnya ilmu unggul
Dalam keadaan sunyi. 

(Syekh Siti Jenar)


Aku Telah Mencari

Aku telah mencari tempat di seluruh alam
Tapi bagiku tak ada tanah yang tenteram
Dunia telah mencicipiku, aku pun telah mencicipinya
Saat itu rasanya pahit dan manis
Saat kumengejar angan-angan ia memperbudakku
Oh! Andai aku rela dengan takdirku saat itu aku merdeka.

(Manshur al Hallaj)


Kepada Manshur al Hallaj

Bunuhlah aku wahai terpercaya yang tercela
Membunuhku adalah hidup selamanya
Kematianku kau temukan kehidupanku

Badan disisiku tak berarti
Tanpa badanku sendiri aku hidup
pedang telah menjadi surgaku

kematianku ada dikehidupanku.  

(Jalaluddin Rumi)


Al Hallaj

Tersebutlah sahabat yang digantung kepalanya
Dosanya hanyalah menyingkap rahasia.

(Hafiz as Shirazi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar